Rabu, 02 September 2015

KOTA BATU

BATU



Halo teman-teman, kali ini aku akan mendeskripsikan kota tempat tinggalku.. Pasti kalian udah pada denger kan kota yang terletak di utara kota Malang ini. Kota Batu yang dewasa ini dikenal sebagai Kota Wisata memiliki sejarah panjang yang cukup menarik untuk dibahas, Sebab jauh sebelum dikenal sebagai Kota Wisata, Kota Batu awalnya masih merupakan sebuah daerah pemekaran dari Kabupaten Malang pada 2001. 

Kota Batu merupakan bagian dari Dataran Tinggi Malang yang terbentuk dari endapan lava yang menjadi danau. Sementara daerah Batu hingga Malang merupakan cekungan dalam yang terbentuk oleh apitan gunung dan pegunungan. Tak heran jika keadaan tanah di Kota Batu cukup subur.

Terkait dengan dinamika sejarah Kota Batu, penulis sejarah Kota Batu, Dwi Cahyono dkk, membagi kesejarahan Batu menjadi lima masa. Yakni Masa Prasejarah, Masa Hindu-Budha, Masa Penyebaran Islam, Masa Kolonial, dan Masa Kemerdekaan. Masing-masing masa tersebut memiliki landasan kuat sebagai penanda peradaban. 

Sejak abad ke-10, wilayah Batu dan sekitarnya telah dikenal sebagai tempat peristirahatan bagi kalangan keluarga kerajaan. Pasalnya, wilayah Kota Batu berada di daerah pegunungan yang memiliki hawa dan udara yang sejuk. Terlebih lagi, pemandangan di wilayah ini sangat indah dengan pemandangan alam sebagai ciri khas daerah pegunungan.

Pada waktu pemerintahan Raja Sindok, seorang petinggi Kerajaan bernama Mpu Supo diperintah Raja Sendok untuk membangun tempat peristirahatan keluarga kerajaan di pegunungan yang didekatnya terdapat mata air. Dengan upaya yang keras, akhirnya Mpu Supo menemukan suatu kawasan yang sekarang lebih dikenal sebagai kawasan Wisata Songgoriti.

Lalu atas persetujuan Raja, Mpu Supo yang konon dikabarkan juga sakti mandraguna itu mulai membangun kawasan Songgoriti sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan dan membangun sebuah candi yang diberi nama Candi Supo.

Ditempat peristirahatan tersebut terdapat sumber mata air yang mengalir dingin dan sejuk seperti semua mata air di wilayah pegunungan. Mata air dingin itu sering digunakan mencuci keris-keris yang bertuah sebagai benda pusaka dari kerajaan Sendok. Oleh karena sumber mata air yang sering digunakan untuk mencuci benda-benda kerajaan yang bertuah dan mempunyai kekuatan supranatural (Magic) yang maha dasyat, akhirnya sumber mata air yang semula terasa dingin dan sejuk akhirnya berubah menjadi sumber air panas .Sampai saat ini, sumber air panas itu masih menjadi sumber abadi di kawasan Wisata Songgoriti.

BUDAYA
Macam-macam budaya yang ada di kota batu adalah :
1, BANTENGAN

2, KUDA LUMPING


3, SANDUK


CIRI KHAS
1, CUKA APEL

2, SARI APEL

3, KERIPIK BUAH

4,JENANG APEL




SUMBER : DISINI DISINI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar